Pemberdayaan Ekonomi dan Pelestarian Budaya Dibidang Kesehatan

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

12 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
John NR Gobai, DPR Papua

 

Oleh John NR Gobai

 

1. Pengantar,

OPINI, KABARMAPEGAA.COM--Masyarakat memiliki pengetahuan untuk pengobatan orang jika sakit dan itu merupakan bagian dari budaya. Kini bahan herbal juga merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat jika bisa mengumpulkan atau menanam untuk diolah menjadi herbal untuk pengobatan tradisional.

 

2. Dasar hukum,

Sesuai dengan UU 36 tahun 2009 tentang kesehatan diatur juga tentang pelayanan kesehatan tradisional termasuk salahsatu dari 17 upaya kesehatan yang harus terselenggara terpadu. Dalam PP 72 tahun 2012 tentang sistem kesehatan nasional yang diatur juga pelayanan kesehatan tradisional alternatif dan komplementer dilaksanakan secara sinergi dan integrasi dengan pelayanan kesehatan.

 

3. Pengobatan,

Kesehatan tradisional adalah:

  1. Akupuntur
  2. Akupresor
  3. Herbal
  4. Spa
  5. Doa.

4. Budaya dan ekonomi,

Pengobatan tradisional merupakan bagian dari budaya karena merupakan bagian dari pengetahuan tradisional sebagai bagian dari kearifan lokal. Tanaman yang merupakan tanaman mengandung obat jika belum dibudidaya maka, bila ada pusat pasca panen tanaman obat maka disinilah tempat masyarakat menjual tanaman yang telah teridentifikasi sebagai tanaman obat.

5. Penutup,

Bahan herbal juga merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat jika bisa mengumpulkan atau menanam untuk diolah menjadi herbal untuk pengobatan tradisional.

 

Penulis adalah: John NR Gobai, DPR Papua.

Baca Juga, Artikel Terkait