Pemkab Paniai Salurkan Biaya Studi Akhir, Pemondokan dan Pembinaan Organisasi FKMKP Se-Indonesia

Cinque Terre
Yunus Eki Gobai

16 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Kontributor
Kepala Dians Sosisl dan Kesejahtran Kabupaten Paniai, Agustinus Yagekouyo Kuiyai,S.Sos.Foto: Wagadei

 

PANIAI,KABARMAPEGAA.com--Guna mengurangi beban biaya kuliah, Pemerintah Kabupaten Paniai menyalurkan bantuan biaya studi akhir dan pemondokan serta bantuan Organisasi Forum Komunikai Mahasiswa Kabupaten Paniai (FKMKP) Se-Indonesia bagi mahasiswa yang menyebar di setiap Kota Studi di seluruh Indonesia.Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial dan Kesejahtran Kabupaten Paniai, Agustinus Yagekouyo Kudiyai,S.Sos kepada media di ruang kerja, Madi Paniai, Kamis (30/9/2021)

Dikatakannya, bantuan Tugas Akhir langsung ke Rekening Individu dan bantuan telah ditransfer langsung ke rekening masing-masing Korwil dan pemilik kontrakan. Ia berharap setiap Korwil dapat menggunakan dana bantuan secara baik. Sangat tidak dibenarkan jika dana bantuan dari Pemerintah digunakan untuk kepentingan atau urusan lain. “Masing-masing Ketua Korwil harus menggunakan dana bantuan dari Pemerintah Daerah dengan baik, jujur dan bertanggung jawab sesuai dengan peruntukannya,”tegas Agustinus Yagekouyo Kudiyai.

Dijelaskannya, jumlah bantuan ke mahasiswa tahun ini tahap pertama 800 mahasiswa sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Selain itu jumlah bantuan kali ini juga berbeda karena jumlah dana bantuan studi akhir berkurang karena jumlah biaya pemondokan dan pembinana Organisasi FKMKP Se-Indonesia meningkat atau bertambah. Sedangkan, untuk bantuan studi langka mahasiswa dan tahap kedua sementara diperjuangkan.

“Jadi dana dari Pemerintah untuk adik-adik mahasiswa itu bukan gaji atau hak melekat, sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kemampuan anggaran daerah. Pemerintah tidak menanggung seluruh beban biaya kuliah mahasiswa. Pada dasarnya Pemerintah hanya membantu meringankan beban kuliah. Biaya kuliah para mahasiswa sepenuhnya merupakan tanggung jawab setiap orang tua,” jelas Agustinus Yagekouyo Kudiyai.

Terkait adanya ketidakpuasan karena terjadi keterlambatan dalam pelayanan bantuan ataupun karena beberapa kendala lainnya, Kadinsos Paniai meminta kepada adik-adik mahasiswa agar bertanya ke pihaknya selaku Kepala Dinas Sosial dan Kesejahtran Kabupaten Paniai. Tidak dibenarkan jika setiap persoalan atau kendala yang dihadapi selalu disampaikan ke media massa tanpa bertanya terlebih dahulu kepada Pemerintah.

Perlu dimaklumi bahwa situasi pandemi Covid-19 sekarang ini berbeda dengan situasi normal. Segala urusan saat ini tidak mudah karena kita harus mengikuti protokoler kesehatan. Saya meminta kepada adik-adik mahasiswa untuk bisa mengerti dengan kondisi ini. Kita bersyukur karena dalam situasi seperti ini kami tetap bekerja semaksimal mungkin untuk adik-adik semua dan semuanya dapat berjalan,”ungkapnya.

Dikatakan pula, Pemerintah Kabupaten Paniai saat ini sangat fokus pada upaya peningkatan SDM masyarakat. Oleh karena itu Capten Pilot Meki Nawipa Bupati Paniai serius dalam memberikan perhatian bagi semua mahasiswa Paniai di setiap Kota Studi di Indonesia.

Seperti diketahui, Pemkab Paniai di bawah kepemimpinan Capten Pilot Meki Nawipa Bupati Paniai sangat serius dalam pembangunan sektor SDM putra-putri daerah. Selain memberikan perhatian pada pendidikan Tingkat Dasar, Menengah dan Perguruan Tinggi, pembangunan SDM masyarakat asli Paniai. (*)

#Pemerintahan

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait