Penghormatan Terakhir untuk Uskup Timika, P. Yulianus Mote dan Isak Rezubun: Ipmanapandode Joglo Gelar Ibadah

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

4 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Ilustrasi. Ist

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com-- Penghormatan terakhir  atas meninggalnya Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Jhon Philip Saklil, Pr, P. Yulianus Bidau Mote, Pr, dan  P. Isak Rezubun, Msc maka Ikatan Pelajar dan Mahasiswa  Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai (Ipmanapandode) Yogyakarta- Solo mengadakan ibadah tiga malam. Kegiatan ini dilangsyngkan di Asrama Deiyai, Jl. Tentara Pelajar, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, (9/8/2019).

 

Ibadah tersebut dimulai pada pukul 19.00 WIB diikuti anggota Ipmanapandode Joglo kurang lebih sekitar 30an orang. Idadah tersebut dipimpin oleh Daniel Wakei, Mahasiswa Kedokteran di Universitas Gajah Mada dengan bentuk ibadah Oikumene.

 

Daniel, dalam menyampaian firmannya, ia mengutarakan  kepada peserta suapaya mengucap syukur dalam segala hal, apalagi dalam kondisi duka sekali pun.

 

“Menurut Paulus Hidup adalah Kristus dan meninggal adalah keuntungan. Hal itu telah dinubuatkan dalam alkitab. Kristus yang wafat bangkit dan dan hidup kembali seihingga mati bagi kita juga adalah sebuah keungtungan,” jelasnya.

 

Dirinya meminta supaya  kita yang masih hidup dapat membuat sebuat karya, sebagaimana  Yesus sendiri telah mencontohkan kepada pengikutnya. Sebagaimana yang telah di buat oleh Uskup, pater Yulius dan Pater Izak.

 

Sementera itu, seusai ibadah,  Kelaurga pihak Pater Yulianus, Uskup dan Izak menyampaikan kronologi singkap atas meninggalnya ketiga  gebambala yang melayani umat Tuhan di Papua.

 

Untuk Pater Yulianus, Kronologi singkatnya di sampaikan oleh  Bapak Adik Pater atas nama Yulianus Mote dan Herman Mote, sedangkan untuk  kronologi dan riwayat hidup singkat  disampaikan oleh Manfred Kudiai yang juga sebagai Misdinar kala dirinya menempuh studi di Timika, Papua.

 

Pada akhir dari kegiatan ini, sebagaimana kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Meepago, terlebih khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh studi di Yogyakarta dan Solo mengadakan acara makan bersama.

 

Untuk itu, Badan Pengurus Harian Ipamanapandode Joglo, Yesaya Boma mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh anggota Ipamanapandode yang dengan semnagat mengikuti ibada pengucapan syukur tersebut.

 

“Terimakasih kepada seluruh anggota Ipmanapandode Joglo yang telah hadir dalam ibadah ini, juga kepada kakak Daniel Wakei yang telah memimpin ibadah pada malam ini. Semoga semangat kekeluargaan ini terus di jaga dalalam moto organiasai, Kita adalah satu sekarang dan selama-lamanya,” jelasnya kepada media ini saat di wawancara. Sabtu (9/8).

 

Kemudian, penyedia temapat, BPH Ipmadei Emanuel Mote juga mengucapkan banyak terimakasih kepada senior dan junior Ipmanapandode Joglo yang telah sukseskan kegiatan tersebut.

 

Dirinya berharap kebersamaan tetap dijaga. Kebersaan ini kita pupuk hingga kita selesai dan pulang ke Papua khususnya di Meepago.

 

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

 

 

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Gereja

Baca Juga, Artikel Terkait