Pertarungan Pilkada Kab. Paniai Tidak Berjalan Secara Beretika, Bermoral dan Berbudaya

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
ARTIKEL

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Foto bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kab. Paniai, Papua/KM

 

Oleh, Tamogei Gobai  (SPAP)*)

ARTIKEL, KABARMAPEGAA.com – Pertarungan Pilkada Kab. Paniai tidak berjalan secara beretika, bermoral, dan berbudaya bagi setiap bakal calon yang hendak merebut kepemimpinan melalui tindakan dan perbuatan keji dalam konteks demokrasi ini.

 

Setiap bakal calon baik melalui jalur independen maupun partai politk masih mempertahankan prinsip kerdil tanpa mengedepankan prinsip-prinsip bebas demokrasi, sehingga rakyat hampir beradu domba hingga keputusan KPU dipersulit oleh bakal calon sendiri yang tidak memiliki jiwa demokrasi di daerah Kab.Paniai.

 

Kami mengamati dari sudut pandang netralitas bagi pihak penyelenggaran KPU berjalan sesuai aturan UU penyelenggaraan dan kepastian hukum yang dapat menyenangkan semua pihak.

 

Sesuai dengan hasil keputusan pleno penetapan dapat diakui dan diterima oleh semua pihak untuk melaksanakan Pilkada secara damai, jujur dan adil tanpa meniti beratkan kepada bakal calon tertentu. Namun, dapat terindikasi bahwa setiap bakal calon berjalan dengan modal financial menutupi ruang demokrasi terhadap pengambil keputusan selain penyelenggaran KPU daerah sehingga pihak penyelenggaran mengalami kesulitan mengambil keputusan secara menyeluruh.

 

Seharusnya, sebagai putra daerah yang terbaik dapat menghormati, menghargai dan menjujung tinggi keputusan KPU Daerah sudah sah dan final. Sebab, setiap bakal calon berusaha menjatuhkan dan dijatuhkan melalui upaya hukum sehingga penegak hukum juga digadai dengan modal Finansial sehingga masalah terus diungkit hingga KPU RI.

 

Kami mohon seluruh lapisan masyarakat Kab. Paniai tidak mudah terprovokasi dan terarus kedalam kelompok kepentingan yang hampir merusak demokrasi dalam moment Pilkada Kab. Paniai tahun 2018 kali ini.

 

Apa yang bakal calon menginginkan bila keputusan KPU sudah dinyatakan sah dan final sesuai hasil pleno penetapan pada beberapa Minggu yang lalu di Ibu Kota Kabupaten Paniai.

 

Daerah Kab. Paniai akan menjadi damai atau terjadi konflik ada ditangan setiap bakal calon yang mempertahankan prinsip kerdil tanpa mematuhi upaya penyelenggaran di daerah yang kita cintai. Oknum-oknum yang harus dipertanggungjawabkan adalah sebagai berikut:

  1. Naftali Yogi dan Martinus Mote
  2.  Henky Kayame dan Yeskel Tenouye
  3. Yehuda Gobai dan Yan Tebai
  4. Mecky Nawipa dan Oktopianus Gobai
  5. Yunus Gobai dan Martinus Keiya
  6. Yulianus Kayame dan Martinus Keiya

 

Kami rasa seluruh masalah yang sudah, sedang dan akan terjadi sudah ada ditangan setiap bakal calon, tanpa menyalahi pihak penyelenggara yang berjalan independen sesuai sistem demokrasi yang bebas dari segala isu.

 

Diharapkan kepada rakyat Kab. Paniai tetap menjaga keamanan dan ketertiban tanpa melibatkan diri kedalam bakal calon yang tidak memiliki nilai karakter, profesionalisme, etika, moral, integritas, akuntabilitas dan nilai budaya dalam momen penyelenggaraan Pilkada Kab. Paniai.

 

Penulis adalah Pemerhati Pilkasi di Kab. Paniai, Papua

 

Editor: (Admin/KM)

Baca Juga, Artikel Terkait