Presmian Pastoran Komopa, Bupati Paniai Memohon Admiministrator Keuskupan Timika Jangan Memindahkan Pastor Tanto

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

1 Tahun yang lalu
ROHANI

Tentang Penulis
Bupati Paniai Meky Nawipa Memohon Admiministrator Keuskupan Timika Jangan Memindahkan Pastor Tanto/ KP.

 

 


Yogyakarta, Kabarmapega.com--Presmian rumah pastoran dan situs rohani lainnya goa maria Dororosa, papan nama perhentian jalan salib, Paroki Kristus Jaya Komopa (PKJK) di resmikan pastor paroki Komopa  Floridus Yosep Tanto Pr, yang disaksikan bupati Paniai Meky Nawipa dan rombongannya serta Pastor Paroki  Titigi Yance Yanuarius Yogi. Pr  dan umat katolik dekenat Kab Paniai Papua, Komopa selasa (29/10/2019).


dalam sambutan presmian gedung Pastoran dan situs rohani lainnya di Paroki Kristus Jaya Komopa. Ini sambutan bupati kab Paniai, Meky Nawipa yang didapat media ini:


Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua. yang saya hormati,
admiministrator diosesan keuskupan Timika (dalam hal ini dengan hormat saya menyapa pater Marten Ekowaibi Kuayo, Projo) pastor dekan Dekenat Paniai,  Tigi & Teluk Cenderawasih.

 

Pater Yoseph Floribertus Swastantaro Projo Sebagai Pastor Paroki Kristus Jaya Komopa. Bapak Kapolsek Agadide  Atau Mewakili. Bapak Koramil Agadide  Atau Mewakili. Bapak/Ibu Pimpinan OPD/Kepala Dinas  PEMDA Kab.  Paniai Yang Hadir.

 

Para Pastor Paroki Di Wilayah Dekenat Paniai. Ketua Kelasis Kingmi Agadide. Kepala Distrik Agadide, Topiyai, Aweida, Bogobaida, Fajar Timur, Youtadi, Bayabiru Dan Kepala Distrik Ekadide.  Ketua Dewan Paroki Kristus Jaya Komopa Dan Ketua-Ketua Dewan Stasi. Tokoh Adat, Perempuan, Pemuda Dan Tokoh Agama. Ketua Panitia Pembangunan Pastoran Maupun Ketua Panitia Peresmian Dan Pemberkatan Pastoran. Teristimewa Seluruh Umat Katolik Paroki Kristus Jaya Komopa. Serta Seluruh Umat Dan Hadirin Yang Saya Banggakan.

 

Mengawali Sambutan Ini, Marilah Kita Memanjatkan Puji Dan Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Yang telah memberikan kekuatan kepada kita sehingga pada hari Ini dapat hadir bersama-sama, Pada Peresmian dan Pemberkatan Pastoran Paroki Kristus Jaya Komopa, Dalam Suasana yang berbahagia dan selalu dalam perlindungan dan uasa-Nya.

 

Umat Dan Hadirin Yang Saya Hormati,

Pastoran adalah rumah atau tempat di mana seorang pastor Bersama Tim Pastoral dan Pengurus Umat Lainnya melakukan aktivitas rutin dalam rangka menjalankan tugas dan Amanah ang Tuhan berikan kepadanya.


 
Membangun sebuah tempat sebagai pusat penyelenggaraan seluruh tugas pelayanan umat dan Tuhan, tentu membutuhkan kerja sama, persatuan, dan kebersamaan seluruh lapisan umat katolik. tidak cukup hanya itu, tetapi dalam membangun pastoran  yang saya sebut sebagai “istana yang istimewa”  di kampung yang amat jauh dari kota seperti yang kita lihat sekarang ini membutuhkan biaya dan tenaga yang sangat besar. 

 

Berkenaan dengan hal itu, atas nama pemerintah daerah kabupaten Paniai dan pribadi, saya sangat   menghargai   dan   menyambut baik upaya dan kerja keras pastor Yoseph Floribertus Swastantaro Projo atau selalu dipanggil pater Tanto bersama segenap umat  dalam menghadirkan  rumah yang sangat mewah tetapi juga sangat menawan untuk memandangnya. 

 

Sungguh luar biasa, saya memberikan apresisasi kepada Pater Tanto karena Pater bersama umat telah membangun pastoran yang bukan hanya termewah tetapi juga termega di Meepago dengan kreatifitas, desain serta kwalitas yang cukup tinggi.
    

Umat Dan  Hadirin Yang Saya Hormati,

Sekarang ini  kita telah berada pada zaman otonomi daerah  dan desentralisasi pembangunan sehingga semangat otonomi itu lebih mengarah kepada pemekaran kabupaten, distrik dan kampung hingga rukun tetangga (rt). semangat pemekaran bukan sebagai sebuah bentuk perpecahan antara umat beragama, antar distrik dan kampung namun sebuah upaya pemerintah untuk memperpendek rentang kendali pembangunan  dan menjangkau keterisolasian daerah.  


Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan bahwa  mari kita sama-sama mengingat kembali sejarah di masa lau bahwa:

1.Batas Makatakaida-Kaitakaida, Ookebouda- Debakebouda adalah sebuah batas administratif pemerintahan distrik Agadide yang telah  digagas oleh Habel Obaikewagi Muyapa.

 

2. Sedangkan batas gereja katolik adalah Geida-Deeta, Eyagitaida-Dauwagu-Tigimuya yang dirintis oleh misionaris bersama Kosmas Pogiyiye Nawipa.

 

kedua batas  tersebut adalah batasan pemerintahan dan batasan gereja katolik namun mari kita pandang kedua batas wilayah sebagai pagar adatnya orang Agadide di masa lalu, kini, dan dimasa mendatang. sehingga kebersamaan dan keutuhan kita sebagai Agabage tetap solid dan kuat serta  sebagai sebuah potensi kita bersama. 

 


Administrator diosesan keuskupan Timika  (pastor Marten Ekowaibi Kuayo, Projo) yang saya hormati.

 

Saya selaku  bupati Paniai mewakili umat katolik dan Kingmi Agadide/Komopa  pada khususnya dan umat Paniai pada umumnya memohon agar pater Tanto jangan dipindahkan dari Komopa sebagai pastor paroki kristus jaya Komopa. hal ini saya harus sampaikan di hadapan  seluruh umat Agagide sebagai sebuah bentuk aspirasi dan pada momentum bersejarah ini yaitu bertepatan dengan peresmian dan pemberkatan pastoran Paroki Kristus Jaya Komopa.

 

Saya Juga Memohon Maaf Jika Dipandang Bahwa Usulan Tersebut Mengintervensi Tugas Dan Keputusan Pimpinan Tertinggi Gereja Katolik Keuskupan Timika, Namun Kami Berkomitmen Agar Pater Tanto Tetap Di Komopa bahkan sampai Pensiun di Komopa. Beberapa hal yang Membuat Umat Menghendaki tetap di Komopa karena:

 

1.Pater itu bertugas di kampung tetapi bukan kampungan. artinya dengan kemampuan yang dimilikimya bersama umat bisa menghadirkan rumah yang amat mewah dan mewarnai kota tua komopa.

 

2.Pater itu berpikir global tetapi berbuat lokal. Pater Tanto telah menunjukkan kebolehannya dalam membangun umat secara fisik maupun rohani. bagaimana tidak, pater sambil membangun pastoran juga sedang membangun jalan salib dan goa Maria serta berhasil membawa sejumlah petugas gereja dalam melakukan studi banding di jawa dalam hubungannya dengan pengembangan  wisata rohani.

 

3. Pater itu menggerakkan semangat umat meskipun umatnya semangat tanpa daya. berkenaan dengan itu, saya berencana akan bekerja sama dengan pater dalam pengembangan ekonomi kerakyatan terutama kepada umat / masyarakat  di wilayah 3 Paniai. 

 

4.Saya mendengar ceritera bahwa pater sempat disampaikan bokaimana/kata terakhir dari alm. uskup jhon philip gaiyabi saklil projo  bahwa pater engkau harus memenuhi kerinduan umat katolik komopa dalam pengembangan iman umat dan pembangunan secara fisik.  

 

Hadirin Yang Saya Hormati,

Demikian  yang   dapat  saya sampaikan, atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pemberkatan dan peresmian pastoran Kristus Jaya Komopa ini.  semoga kehadiran pastoran ini dapat memberikan spirit positif bagi umat katolik paroki Komopa. saya berharap kehadiran pastoran Kristus Jaya ini menjadi suatu aset pembangunan daerah dalam bidang kerohanian. 

 

Semoga Tuhan Allah senantiasa memberikan berkat dan bimbingan kepada kita sekalian.  Sekian dan terima kasih.

Bupati Paniai, Meki Nawipa

 

 


Pewarta: Anselmus Gobai/KM

#Pemerintahan

Baca Juga, Artikel Terkait