Rayakan HUT KNPB 13 Tahun di Jalan Sunyi

Cinque Terre
Yunus Eki Gobai

9 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Kontributor
Yunus E Gobai/KM

 

 

Oleh: Eki Gobai*)

 

KABARMAPEGAA.COM--Walau tidak semua, sedikit-sedikit masih tersimpan dalam memori otak saya bahwa "kami pernah diajarkan tentang Sejarah Politik Perjungan Papua Barat. Salah satunya adalah pergerakan KNP di masa New Guinea Read kini dikenal Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

 

Sejarah singkat KNPB  didirikan pada tanggal 19 November 2008 di Aula STT Walter Post, Sentani, Jayapura Papua dari berbagai organisasi perlawanan dan aktivis-aktivis mahasiswa dan masyarakat. Pada pembentukan itu, Buchtar Tabuni dan Victor F. Yeimo yang sebelumnya memimpin aksi mendukung peluncuran IPWP di London, 15 Oktober 2008 dipilih menjadi Ketua Umum dan Ketua 1 KNPB. Pembentukan KNPB dilaksanakan di tengah eksodus mahasiswa Papua dari Manado dan Jawa-Bali yang kembali ke West Papua bergabung dengan aktivis mahasiswa dan masyarakat di Jayapura. Untuk menduduki lapangan Makam Alm. Theys H. Eluay di Sentani.  Mereka menyeruhkan “Papua Zona Darurat”  Sejarah sesuai mekanisme dalam politik perjuangan Papua Merdeka.

 

Sejak masih SD kelas 6 saya di Paniai. Saya perna diajarkan oleh YLSM PTPB tentang kerajaan pelanggaran HAM di Tanah Papua sehingga dalam memori otak masih tersimpan soal Papua dan Sejarahnya hingga saat ini.

 

Pada tanggal 19 November 2021, rakyat  Papua merayakan Hut KNPB ke 13 Tahun.  Ditengah genggam penindasan. Semntara di Intan Jaya, Oksibil, Sorong, Ndugama dan Ilaga, rakyat Papua jadi Korban. Rakyat  Papua terjadi pengungsian. Semuanya  ini terjadi atas kepentingan kapitalis Global. Sementara Pelanggaran HAM di Papua tak kunjang selesai.

 

Saya berkeinginan untuk kunjungi dimana rakyat Papua merayakan Hut KNPB ke-13 Tahun. Tetapi saya merayakan sebagai hari  lahirnya KNPB di Jalan Sunyi. Dengan gaya dan cara sendiri sebagai ucapan syukur kepada Tuhan sebagai kompas hidup dalam perjuangan hak kebebasan bagai orang Papua.

 

Peringati hari Lahirnya KNPB mendewasakan kepada rakyat Papua terus kokoh dalam semangatnya persatuan dan kesatuan pada perjuangan KNP. Jangan pernah mengharapkan antara perjuangan dengan pejuang karena syarat utama dan terutama untuk kemerdekaan itu dengan melalui persataun menjadi satu jiwa dan satu raga dalam perjuangan pembebasan Papua barat dengan Visi utama" Mogok Sipil Nasional (MSN) di Papua" dan Moment  Hut KNPB ini saya berkampanye demi  kamanusian bebaskan Tuan Victor  Yeimo tanpa syarat dan segarah tarik Militer organik  dan non organik  dari tanah Papua.

 

Yang punya nurani kemanusiaan dan status Politik Pupua mari selamatkan manusia dan tanah ini dengan perjuangan kemerdekaan itu adalah solusinya, karena api tidak dapat dipadamkan dengan api; penindasan melahirkan perlawanan!

 

Dengan dasar sekilas sejarah, saya menyampaikan Selamat Hut  KNPB ke-13 Tahun dan tahun yang Ke-13 ini  kepada rakyat Papua yang Melawan.

 

Dimoment Hut KNPB ini saya menyampaikan jangan pantan mundur tapi tetap eksi dalam perjuangan  KNPB, sampai perlawanan demi kebebasan bagi orang asli Papua. Dirgahyu Hut KNPB ke-13 Tahun.

 

“Tanah air atau mati”.

 

Penulis adalah anak asli Papua yang  tinggal di Pinggiran Lake Paniai, West Papua

#Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

Baca Juga, Artikel Terkait