Refleksi dan Renungan Teologis Apa Itu Injil?

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
RENUNGAN

Tentang Penulis
ilustrasi foto alkitab (hidupkatolik.com)/KM.

 

 

Oleh Gembala Dr. Socratez S.Yoman,

 

RENUNGAN, KABARMAPEGAA.COM--Orang Kristen, terutama para Penginjil dan pengkhotbah dengan semangat menyapaikan berita Injil dimana-mana. Pengutusan Injil dilakukan gereja-gereja Tuhan sepajang sejarah sesuai dengan Amanat Agung Yesus Kristus.

 

Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah segala bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman" (Matius 28:18-20).

 

Matius menarasikan Perintah Agung Yesus dengan sempurna. Orang-orang percaya Yesus Kristus dan menerima-Nya Tuhan dan Juruselamat dengan kerinduan hati dan pergumulan iman melaksanakan dan mendukung pelaksanaan Amanat Agung ini. Pelaksanaan Perintah Agung ini disebut pemberitaan Injil.

 

Jadi, apa itu Injil?

Orang-orang percaya dan beriman kepada Yesus Kristus menyatakan bahwa Injil ialah Kabar Baik, Kabar Damai, Kabar Kebenaran, Kabar Sukacita, Kabar yang membebaskan seluruh umat manusia dari belenggu kuasa Iblis dan dosa.

 

Ini jabawan yang benar, ya dan amin.

 

Tetapi, apa itu Injil?

Rasul Paulus mengatakan: "Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah, Injil menyelamatkan umat manusia, Injil menyatakan kebenaran Allah..." (Roma 1:16-17).

 

Ya, amin dan benar bahwa Injil adalah kekuatan Allah, Injil menyelamatkan umat manusia dari belenggu kuasa Iblis dan dosa, dan menyatakan kebenaran Allah.

 

Tetapi, apa itu Injil?

Rasul Paulus juga menegaskan komitmen imannya dan mengingatkan kepada kita semua. "Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil" (1 Korintus 9:16).

Ya, kami setuju dan seiman dengan rasul Paulus, bahwa Injil harus diberitakan kepada semua bangsa.

 

Tetapi, apa itu Injil?

Rasul Paulus dari penjara di Roma menulis surat kepada Jemaat di Filipi dan kepada kita saat ini.

 

"Memang sudah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil" (Filipi 1:7).

 

Apa itu Berita Injil maka rasul Paulus membela dan meneguhkan Berita Injil?

Rasul Paulus menegaskan imannya kepada Injil. " Aku menghendaki, saudara-saudara, supaya kamu tahu, bahwa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil" (Fil. 1:12)

 

Apa itu Injil sehingga rasul Paulus dipenjarakan dan ia mengatakan pemenjaraannya terjadi kemajuan Injil?

 

Rasul Paulus memberikan jawaban pertanyaan-pertanyaan "Apa Itu Injil?"

"sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain bahwa aku dipenjarakan karena Kristus" (Fil. 1:12b).

 

Rasul Paulus mengajarkan kepada kita bahwa Injil itu berita baik, kabar sukacita, kabar damai yang mendamaikan Allah dengan manusia, damai antara manusia dengan sesamanya dan yang mendamaikan manusia dengan alam, kabar yang menyelamatkan, kabar yang membebaskan, kabar yang memberikan pengharapan jaminan kepastian hidup kekal bagi orang-orang beriman dan percaya kepada Injil itu.

 

Ijinkan saya mengulang kembali apa yang diyakini Rasul Paulus: "Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah, Injil menyelamatkan umat manusia, Injil menyatakan kebenaran Allah" (Roma 1:16-17).

 

Apa Injil yang dipercayai rasul Paulus sebagai kekuatan Allah, Injil itu menyelamatkan umat manusia dari belenggu kuasa Iblis dan dosa, Injil itu menyatakan kebenaran Allah?

 

Saudara-saudara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus dan saya kasihi, dalam renungan dan refleksi iman ini, saya mau sampaikan, bahwa INJIL ialah berita tentang: Kelahiran, Kematian Dan Kebangkitan Yesus Kristus.

 

Rasul Paulus merumuskan kabar baik dan sukacita besar ini.

"Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah. Injil itu telah dinjanjikan-Nya sebelumnya dengan perantaraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita" (Roma 1:1-4).

 

INJIL ialah berita/kabar gembira, Injil adalah kekuatan Allah, Injil menyelamatkan dan Injil menyatakan kebenaran Allah melalui Kelahiran, Kematian, Kebangkitan Yesus Kristus.

 

Doa dan harapan saya, melalui renungan dan refleksi ini, para pembaca mendapat pencerahan dan pemahaman yang benar arti dan makna yang terkandung dalam kata: "Injil."

 

Tuhan Yesus memberkati kita. Ita Wakhu Purom, Jumat, 13 Desember 2019.Nomor kontak: 08124888458/HP/WA.

#Gereja

Baca Juga, Artikel Terkait