Sadar dan Maju untuk Berubah

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

14 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
Seseorang yang mencari eksitensi diri yang sadar akan berubahan yang sejati. (Foto: Doc. Prib/KM)

 

Oleh, Simion Kotouki*)

 

OPINI, KABARMAPEGAA.com – Kita lebih banyak sembunyi tangan dari pada menunjukkan telapak tangan dan garis-garis telapaknya.

 

Terkadangan yang kita pikirkan itulah yang benar kalau hanya di pikiran kita, sementara dia tidak berkesinambungan dengan realita yang sesungguhnya. Tingkat penyesuaian diri itulah yang kurang maka penting kita pelajari bagaimana penyesuaian itu kita bisa lakukan.

 

Boleh kita marah, boleh kita berncada tawa, boleh kita bermain dan boleh kita apa saja, namun itu semua kalau kita beraksi pada kadar yang tepat itu akan bermanfaat karena dia tidak merusak dan merugikan namun membangun.

 

Satu hal yang singnifikan untuk kita sadari bahwa apa yang kurang dari kita adalah hal yang wajib kita pelajari, kemudian apa yang lebih dari kita, terus di tingkatkan dan jadilah diri adalah tempat belajar orang lain. Artinya bahwa menjadi panutan yang bisa di cover orang lain.

 

Kita harus maju dan terus melakukan transformasi diri lebih dulu dan untuk orang lain atau di tengah kehidupan bermasyarakat. Agar kita terus berada pada tingkatan perkembangan yang sedang laju ini.

 

Apakah menuju perubahan itu susah? Sebenarnya tidak, bila masyarakat tersebut sebelumnya telah memiliki kesadaran. Karena perubahan tanpa dimulai dengan kesadaran tak akan membuahkan hasil apa-apa.

 

Kita selama ini tentu tahu bahkan mengerti akan pentingnya sebuah perubahan. Hanya saja kadang belum sadar, sehingga hal yang kita ketahui, tidak meresap lalu melahirkan perbuatan untuk menuju ke arah perubahan yang diinginkan bersama.

 

Bisa jadi yang mengajak berubah itu lalai menyadarkan yang diajaknya akan pentingnya perubahan. Atau jangan-jangan yang ngajak berubah itulah justru yang tak sadar bagaimana cara melakukan perubahan tersebut.


Namun bila kesadaran itu telah tumbuh, maka perubahan macam apapun akan mudah dilakukan. Begitu ampuhnya kesadaran dalam membuat perubahan ini.

 

Yang muda agen perubahan.

 

Penulis adalah Mahasiswa Papua, Kuliah di Semarang

Baca Juga, Artikel Terkait