Satu pasien positif C-19 dari Kalibobo Nabire Dinyatakan Negatif

Cinque Terre
Eman B Youw

1 Bulan yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Foto: Ketika, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori, M.Kes, memberikan keterangan pers di kantor bupati Nabire, Selasa (28/4/20)

 

NABIRE.KABARMAPEGAA.com - Satu dari tiga pasien positif Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire, Papua dinyatakan Negatif covid-19 adalah warga kelurahan Kali bobo, distrik Nabire,kab Nabire-Papua.

Dalam jumpa pers Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori, M.Kes mengatakan  tiga pasien positif covid-19 setelah melakukan sampel tes swab kedua melalui pemeriksaan metode PCR di Labkesda provinsi Papua,  ternyata  dua pasien covid-19 masih terkonfirmasi positif sedangkan satu pasien yang sebelumnya positif covid-19 dinyatakan negatif.

Dikatakan dr.Sayori, walaupun dinyatakan Negatif dalam data komulatif tetap kami masi hitung 3, karena diperbolehkan kembali ke rumahnya setelah 14 hari menjalani tahap perawatan di rumah sakit.

“iya negatif bukan berarti sembuh, tapi kami tungguh keputusan tim medis setelah 14 hari kedepan, itu pasti kami izinkan kembali ke rumahnya. Kita bersyukur bahwa satu sudah negatif. Itu langka awal yang baik,”ujar dr.Sayori kepada wartawan, Selasa (28/4/20) di kantor bupati Nabire.

Dijelaskan dr.Sayori bahwa setelah dinyatakan sembuh pun harus menjalani isolasi secara mandiri ditempat yang sudah disiapkan. Meski sudah kembali ke rumah, yang bersangkutan tetap dalam pengawasan tim kesehatan.

“sedangkan dua pasien positif Covid-19 lainnya akan menjalani perawatan di RSUD. Ya kondisi kesehatan  terus membaik,”aku dr.Sayori.

"kta berharap tes swab berikutnya kedua pasien ini harus negatif agar mereka bisa dinyatakan sembuh dan diizinkan kembali ke rumah mereka,"tutur dr. Sayori penuh harapan.

Menurut pengakuan dr.Sayori  bahwa ketiga pasien selama menjalani perawatan rumah sakit, mereka menuruti apa yang disarankan petugas medis.

"ya kita semua harus berharap pasien Covid-19 lain yang akan menjalani perawatan segera menyusul seperti warga kali bobo yang satu ini,” pinta dr.Sayori.

16 Orang Dinyatakan Positif C-19

Untuk diketahui pemeriksaan sampel tes swab dilakukan kepada 38 orang terdiri dari 35 ODP dan 3 pasien positif covid-19 Nabire, dikirim ke Labesda provinsisi Papua di Jayapura, Jumat (24/4/20) pecan lalu. 

Hasil sampel tes swab 35 ODP, setelah pemerikasaan di Labkesda porovinsi Papua melalui metode pemeriksaan PCR,  13 ODP terkonfirmasi positif Covid-19 dan 23 ODP dinyatakan Negatif Covid-19.

Sedangkan 3 positif Covid-19 setelah melakukan tes swab kedua, 2 pasien masih postif  Covid-19 dan 1 dinyatakan Negatif. Sehingga dalam data perhitungan kumulatif untuk kabupaten Nabire tercatat 16 positif covid-19. Update  info grafis Covid 19 Nabire, per Selasa (28/4/20). ***

#Pandemi Covid-19

Baca Juga, Artikel Terkait