Saya dan SMPN 1 Kebo di Paniai

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

27 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Yunus. E Gobai

 

 

Oleh: Yunus. E Gobai

 

1. Saya dan SMPN 1 Kebo

Teman-teman semua, perkenalkan nama saya Eki Gobai. Saya adalah alumni SMP Negeri 1 Kebo tepatnya Tahun 2005. SMPN 1 Kebo adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang berlokasi di Provinsi Papua, Kabupaten Paniai, dengan alamat Kebo status Sekolah Negeri. SMPN 1 didirikan pada tahun 2004. Saya anak asli Paniai utara Kebo dan berdomisili juga di Makikebo, Kabupaten Paniai. Jadi, ini pertama kali saya tulis terkait sekolah. Lebih tepatnya demi kepedulian hehe. Kalau tidak peduli mungkin saya tidak nulis tulisan ini wkwk.

 

2. Pengalaman Saya Sekolah

 

SMP Negeri 1 Kebo ialah salah satu sekolah favorit di daerahku Paniai. Saya  sangat bangga bisa masuk di sekolah ini. Awal masuk kelas 1 SMPN1 saya merasa kesepian, sendirian dan terasingkan. Semuanya terlihat baru dan asing bagiku. Maklumlah saya orang yang pendiam sekaligus pemalu, jadi tidak mudah beradaptasi dengan dunia baru.

 

Di kelas 1 SMPN1 ini, saya masuk di kelas 1A yang konon katanya adalah kelas unggulan. Saya benar-benar merasa senang, bersyukur, kaget, tidak  percaya sekaligus takut. Rasanya campur aduk kayak es campur yang dicampur-campur:'). Dalam hatiku saya takut kalau saya tidak bisa mengikuti pelajaran karena saya berpikir bahwa semua temanku pintar dan akan selalu berambisi untuk menjadi nomor  satu. Hal ini membuat saya menjadi pendiam bahkan sangat pendiam.

 

Namun, seiring berjalannya waktu saya mulai beradaptasi dengan lingkungan baru. Ternyata semua temanku, Manfred Cyrus Gobai, Denax Tubou Dogaiye Kapuu, Pius Yohanes Tenouye, Yoseph Gobai, Deki Kayme, Maria Ria Gobai, Paulus Douw, Zet Yeimo, Obet Gobai, Deki  Tenouye, Semi Dakopa, Alm. Ben Ogobay, Petrus Tenouye, Anton Gobai, dan  sebagainya sangat enak. Mereka memang cerdas, tetapi tidak egois dan tidak individualis. Tidak seperti tokoh-tokoh dalam cerita novel yang sering saya baca.

 

Di kelas 1 SMP saya mulai belajar berorganisasi. Di sekolahku ada 2 organisasi yaitu OSIS dan Pramuka. Kedua  organisasi itu sangan berperan penting untuk sekolah. Pengurus organisasinya juga saling kompak dan bekerja sama, baik dalam satu organisasi maupun antar organisasi. Saya  mengikuti organisasi OSIS dan Pramuka.

 

Semuanya berawal dari pisiko text. Tujuannya adalah untuk membentuk pribadi yang baik dan tangguh, agar saat sudah menjadi pengurus organisasi dapat bertanggung jawab dan dapat memberi contoh yang baik. Semenjak saya  mengikuti organisasi, ada banyak manfaat dan pengalaman yang saya dapatkan.

 

Yang semula saya adalah pemalu sekarang menjadi lebih percaya diri, bahkan terkadang memalukan orang lain hehe (kata temanku). Saya  juga lebih pandai berbicara dan menyampaikan pendapat. Dari yang semula pendiam menjadi cerewet wkwk. Selain itu, saya juga lebih disiplin, bertanggung jawab dan lebih menghargai waktu.

 

3. Apa Peran Alumni SMPN1 Kebo

 

Mengingat Sekolahku SMPN1 Kebo sehingga saya  bersama rekan rekan alumni ditetapkan acara reuni alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kebo angkatan 2005-2021 dipersiapkan untuk digelar tahun-tahun mendatang. Keputusan ini diampil oleh tim reuni dalam pertemuan di Hotel Metta Jln Expo, Jayapura, Papua, Rabu 19/6 malam.

 

Saat itu, Ketua tim reuni Deki Kayame mengatakan, tim penggerak acara reuni alumni SMPN 1 Kebo dibentuk pada tahun 2014 di Tangerang, Banten, sedangkan kepanitiaan secara resmi dibentuk di Nabire pada tahun 2017.

 

Kami sadar bahwa kemajuan dan keutuhan sebuah bangsa tak lepas dari kepedulian, semangat persaudaraan. Karena itu pembentukan kepanitiaan reuni alumni 2005-2018 ini merupakan salah satu peran untuk mewujudkan hal tersebut.

 

Karena alumni angkatan 2005-2021 telah tersebar di seluruh Indonesia, jadi untuk saat ini kami lakukan adalah membuat penjaringan data base alumni.

 

Sementara itu, Paulus Douw, selaku koordinator kota studi Jayapura menambahkan, nantinya kegiatan reuni ini juga akan mengadakan bakti sosial dan acara khusus untuk guru-guru yang dikemas dengan mengunjungi SMPN 1 Kebo yang berlokasi di Jl Karel Temotipiya Gobai, Kabupaten Paniai.

 

Mengunjungi sekolah kami penting, mengingat dari tempat itulah kami berkenalan satu sama lainnya. Kami dibesarkan oleh guru-guru kami tercinta. Dengan berkunjung ke sekolah, kami dapat tahu hal-hal apa saja yang bisa dibantu oleh alumni untuk sekolah. Senior Alumni SMPN1 Kebo, saya mengharapkan solidaritas dan kerja sama seluruh alumni SMPN1 Kebo. “Guna mempercepat kegiatan reuni dalam waktu dekat.

 

Satu kutipan yang  pernah  samapikan  oleh  paguru  saya Yusuf Gobai, ST semasa saya  SMPN1 kebo kini aktif  sebagai guru  di  SMK Yamewa Paniai, bahwa saya  merasa bersyukur  ketika  anak-anak  didik saya  sudah  menjadi  manusia  yang siap  pake  dalam  segala  bidang, mereka  adalah  memulai  dari  Kebo. dan dilanjutkan pesan moralnya SDM sudah  siap  maka  Pentingnya ada rumus  matematika yakni  menghiting, merumus  dan   harus  ada  penembak jitu.

 

Akhirnya cinta pertama  saya  di SD YPPK St. Antonius Biamoma dan Cinta  kedua  di  SMP Negeri 1 Kebo semuanya  berawal pendidikan dari Paniai dan  kembali  juga  Di Paniai dialam  kita dan Selamat  buat  ade-ade pelajar dan Guru2 SMP Negeri 1 Kebo tetap  semangat  mendidik  dan  membidik  demi  generasi  masa  depan  didaerah  kita Paniai.

 

4. Harapan Saya

 

Ini adalah catatan sekolah dan cerita pengalaman saya dan beberapa teman teman. Saya berharap kepada pemerintah daerah kab Paniai atau pemerhati pendidikan setanah Papua dan Indonesia bahkan dunia membantu membantu saran dan prasarana sekolah kampung, karena disana ada anak papua yang bersemangat tinggi namun tidak ada peralatan belajar mengajar.

 

Demikian.

Penulis adalah: Eki Gobai "Umagimee" Alumni SD YPPK, SMP Negeri 1 Kebo, Paniai Papua. Paniai, 1 November 2021.

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Mahasiswa Papua

Baca Juga, Artikel Terkait