Sekolah Hukum Hadir,  Bersama LBH  akan Berlangsung  Selama 3 Hari  di Paniai

Cinque Terre
Alexander Gobai

10 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Pemimpin Umum dan Redakur Media Online Kabar Mapegaa (KM)

YOGYAKARTA , KABARMAPEGAA.com--Terhitung dari masa kepemimpinan Jokowi-JK kasus pelanggaran HAM di Papua terus menambah. Terdapat beberapa peristiwa pelanggaran HAM berat  yang sampai saat ini belum diselesaikan sacara hukum yang beralu.

 

Dari sekian banyak kasus pelanggaran HAM berat di Papua, salah satunya adalah kasus Paniai berdarah (2014) yang dikategorikan pelanggaran HAM terberat yang perna terjadi di awal masa kepemimpinan Jokowi-JK.

 

Permasalahan di Paniai sebagai salah satu wilayah dengan letak geografis di dataran tinggi. Memungkinkan akses informasi yang keluar-masuk semakin susah. Hal ini menjadi lahan empuk bagi kelompok-kelompok  tertentu untuk melakukan tindakan yang sejatinya tidak sesuai dengan Hukum yang berlaku di negara ini.

.

Kebanyakan orang Papua dalam hal ini, sering mendapatkan diskriminasi hingga tahap rasial dalam kacamata hukum. Hal ini dipersusah karena masih banyak orang Papua yang belum mengerti tentang hukum dan turunannya. Untuk itulah hadir sekolah umum tingkat dasar untuk mempersiapkan sukare bantuan hukum Papua.

 

Hal ini menjadi alasan  dibuka Sekolah Hukum Papua. Dalam sekolah Hukum ini akan  untuk melakukan pelatihan terkait pendampingan hukum bagi korban juga sharing tentang hukum bagi siapa saja, tanpa mengenal batas usia, gender, status sosial dan sebagainya.

 

Maka Sekolah Hukum Papua membuka Kelas Di paniai, sediakanya akan dilaksanakan pada:

Hari /Tanggal  : 29, 30 dan 31 Januari 2018

Tempat            : Gedung Serba Guna, Uwatawogi Yogi

Materi             :

  1. Pengantar Huku
  2. Pengantar Hukum Indonesia
  3. Hukum Pidana
  4. Hukum Acara Pidana
  5. Hak Asasi Manusia
  6. Penegakan Hukum
  7. Dokumentasi (Cara Menulis Berita)

 

Apa yang diperoleh?

Pendidikan tentang Hukum dan bagaimana menerapkannya serta peserta  juga bisa berjejaringan dengan rekan-rekan Lembaga Bantuan Hukum lainnya di Papua maupun luar Papua untuk sama-sama sharing tentang penangangan hukum.

Materi dan snack. “Gratis untuk ko yang terus mau belajar dan bersama menegakan keadilan.” Sekolah Hukum Papua. Info lebih lanjut : 0812 1251 0367 (Tinus pigai).

 

Pewarta: Manfred Kudiai

Baca Juga, Artikel Terkait