Selalu Ada Kesempatan Dalam Kesempitan Sebagai Mahasiswa/Wi

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

10 Hari yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Penulis, Simon Utuma Tebai / KM.

 

Oleh Simon Utuma Tebai

 

Opini , KABARMAPEGAA.COM - Kesempatan yang ada, seharusnya mampu menggunakan secara baik. Karena kesempatan hanya datang sekali. Sebagai Agen perubahan selalu saja mendapatkan kesempatan dalam internal kampus maupun ekternal kampus,  untuk melakukan dan memgembangkan segala sesuatu baik secara Hard skill maupun soft skill. Yang mana, membawa kita kepada perubahan lebih baik. Sebagai kaum intelek, selalu saja mendapat kesempatan untuk bersain dengan Teman-teman dari luar dalam melakukan atau mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah dan juga menyuarakan Hak-hak Rakyat.

Sebagai Mahasiswa, seharusnya mampu secara Hard Skill (kemampuan materi), tetapi juga harus mampu secara Soft skiil ( kemampuan organisasi). Mampu memanejen waktu dan maupun melakukan segala sesuatu barbaur ilmiah, yang mana mendukung perubahan individu, kelompok dan lembaga bahkan yang berdampak positif terhadap masyarakat. Sekali pun, Jam kuliahnya sangat padat, tetapi pasti saja akan ada kesempatan dimana seorang Mahasiswa bisa mengembangkan potensi yang di milikinya secara ilmiah.

Mahasiswa mendapatkan kesempatan, tetapi mengalami penempitan atau pemghambatan, karena jadwal Kuliah yang padat. Sebagai Mahasiswa atau dikatakan sebagai agen perubahan, melakukan sesuatu yang mendukung atau membantu orang lain secara keilmiahan yang dimiliki oleh Mahasiswa. Sebagai agen perubahan, dalam situasi kesempitan apa pun mampu melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain. Khususnya, sebagai mahasiwa harus hadir untuk melihat semua persoalan baik intenal maupun eksternal yang sedang terjadi di Ngara ini. Mahasiswa harus melihat dinamikan perkembangan ini secara holistik. Karena mahsiswa selalu saja mendapatkan kesempatan untuk melihat dan menyuarakan persoalan yang sedang terjadi ini.

Sebagai solusinya, Mahasiswa sebagai agent perubahan mampu melihat semua dinamika perkembangan sosial dengan baik. Pasalnya, mahasiswa selalu memiliki kesempatan untuk menyuarakan, melakukan perubahaan sementara masih memiliki gelar sebagai Mahasiswa. Melakukan suatu perubahan yang di dukung dengan keilmiahannya. Dimana, mahasiswa adalah agen perubahan yang hadir di tengah-tengah Masyarakat, bahkan Mahasiswa juga adalah bagian dari media Rakyat untuk menyuarakan Hak-hak rakyat.

Penulis adalah Anggota Aktiv UKM-KMK St. Alexander Universitas Cenderawasih.

Editor : Petrus Yatipai

Baca Juga, Artikel Terkait