Siapapun Dia Wajib Kejar Mimpi

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

7 Bulan yang lalu
OPINI

Tentang Penulis
Mikael Gobai/KM

 

 

Oleh : Mikael Gobai

“Siapa dia wajib mengejar mimpi. Tak ada orang yang mampu membatasi kita mengejar mimpi. Kita terus menuntut untuk mengejar mimpi kita sampai dapat. Jangan menyerah bahkan jangan patah semangat karena mimpi membuat diri kita menjadi manusia yang mandiri”

        Kita manusia adalah makluk unik yang tentunya berbeda dengan makluk hidup yang lainya di dunia ini. Kita memiliki akal budi yang bias berpikir secara logis dan  bertidak secara ideal dan tentunya titik akhir akan kena pada sasaran tujuan hidup yang diimpikan.

      Berbicara tentang mimpi sebenarnya mimpi itu apa? Ya kalau dimasa kanak-kanak kita berpikir mimpi hanya bayangan tidur lalu tidak punya makna, memang kita masih kecil ko. Lalu memasuki usia dewasa kadang kalah di tanya oleh guru jika di lingkungan sekolah. Mimpimu apa? kadang siswa bingun dengan mimpinya seperti apa. Gurunya respon mimpi sama dengan cita-cita  nak ! oo iya ibu.  Syukurlah kalau ada siswa yang menjawab dengan spontanitas artinya siswa yang menjawab dengan spontan Ia sudah siap dan sudah memiliki mimpi yang diimpikan itu. Kemudian bagaimana dengan mereka yang belum punya mimpi itu, ya harus lah memilikinya. Gunanya apa dengan belajar, masuk sekolah kalau tidak memiliki mimpi, pastinya pada titik akhir akan bingun mau kemana arahnya.

  1. Mimpi Adalah Tujuan Hidup

Setiap tindakan yang kita lakukan semua punya tujuan. Tidak mungkin tidak punya tujuan. Setiap pengorbanan yang kita lakukan entah ruang, waktu biaya dan lainya yang kita taruhkan tentunya punya harapan besar yang mesti sesorang ingin dicapai. Misalnya “perjalan kuliah selama 4 tahun di Jakarta, lepas waktu, ruang daerah Papua, biaya kuliah tujuannya menimbah Ilmu dan mendapatkan gelar serta seberkas ijasah.” Itulah tujuannya dengan mengorbankan jiwa. Kemudian pada titik akhir untuk membangun daeranya kembali.

Mimpi itu gratis tapi di bayar dengan perjuagan yang keras. Bisa saja dan tentu saja setiap manusia memiliki mimpi sebagai tujuan hidup. Namun menjadi pertanyaan disini adalah apa sendirinya tercapai mimpi itu?  tentu tidak serupa itu karena mimpi itu angan-angan tidak pasti tapi juga pasti. Memastikan mimpi itu ya seperti tadi butuh pengorbanan yang keras, kata guruku.

Pertama tentunya korban waktu, dalam waktu itu butuh kesabaran dalam situasi entah apapuan keadaanya, kemudian takwa akan Tuhan. Takwa akan Tuhan sangat penting karena mimpi itu, Tuhan yang berikan dengan gratis tanpa ada sesuata yang di balas. Lalu kemudian ada di antara kita sering tanya dalam kalbu bahwa saya punya mimpi tapi tidak terwujud sesuai mimpi? indikatornya apa yang menyebabkan? tentu seperti yang di atas. Tapi tidak jadi masalah sebagai manusia pasti punya kekurang, juga kesalahan dan akan baik kembali sejalan dengan mimpinya asalkan reviuw diri, evaluasi diri, kemudian tindak kembali pasti akan sesuai dengan mimpi itu.

Namun yang menjadi berat dan sulit di pecahkan masalah ketika kita  sudah terlanjur di makan waktu dan masa. Misalkan daya juang kita sudah tidak kuat lagi karena sudah umurnya memasuki tua atau juga contoh lainya sudah masuk umur 25 tahun kemudian tidak bisa di terima untuk kuliah yang berbasis Nasional, tentu bisa terjadi. Itulah mimpinya terputus karena masa dan waktu. Maka ketika terjadi situasi seperti ini tentu tidak mungkin kembali dari awal untuk membangun mimpi itu kembali lagi. Sudah terlanjut dan yakin Tuhan punya rencana yang lain untuk kita.

Selagi kita masih mudah mari kita mengejar mimpi yang diberikan Tuhan itu. Mimpi Itulah harapan dan tujuan hidup kita didunia ini sebagai pemberian Tuhan kepada kita, tetapi kita juga ingat bahwa Tuhanpun  akan tuntut untuk mencapaikan mimpi yang di berikan itu sebagai visi-Nya, agar supaya setiap orang merdeka dengan dirinya sendiri kemudian memerdekakan orang lain dari budak fanah seturut mimpi yang di berikan karena mimpi itu baik adanya dan sumber dari-Nya.

Penulis:  Mahasiswa Baru di Kota Jakarta, 22 Oktober 2018.   

 

        

       

 

 

Baca Juga, Artikel Terkait