Situasi Belum Kondusif, Umat Paroki Bilogai turun Kerja Bakti

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

17 Hari yang lalu
KABAR PAPUA

Tentang Penulis
Umat Paroki Bilogai gotong royong mengerjakan salah satu jembatan di Intan Jaya. Doc. Paroki Bilogai.

 

SUGAPA, KABARMAPEGAA.com- Pater Dekan P. Yustinus Rahangiar, Pr dan Dewan Paroki, Johanes Abugau turun jalan memimpin umat setempat untuk melakukan perbaikan jalan dan jembatan yang rusak di Distrik Sugapa,  Kabupaten Intan Jaya, Selasa (01/6).

 

Umat setempat gotong royong perbaiki  jembatan yang rusak akibat patahan karena pelapukan serta ada pula jembatan yang rusak akibat longsor.

 

Pater Dekan P. Yustinus Rahangiar, Pr  mengatakan pekerjaan tersebut dikerjakan guna menjemput empat Diakon yang akan ditabhiskan menjadi Imam di Paroki Bilogai.

 

"Yah, jadi sebagai tuan rumah kami kerja dari sekarang.Terutama kerja perbaiki jembatan penghubung antara Paroki Bilogai, Bilai dan Mbugulu," jelasnya kepada media ini, Rabu (02/06).

 

"Umat kerja secara gotong-royong, tiada bantuan dari pihak manapun dalam pekerjaan ini. Pihak gereja dan umat ambil ahli dalam pekerjaan ini. Karena waktu pentabhisannya semakin dekat dan kita jangan menunggu," kata Pater Yus.

 

Pater Yustinus  mengharapkan bantuan dari pihak manapun, terutama dalam pekerjaan perbaikan jalan dan jembatan penghubung yang ada di distrik Homeyo, Wandai dan Sugapa.

 

"Sebab ada beberapa jembatan yang rusak parah sehingga kami akan ambil ahli untuk perbaiki semampu gereja dan umat. Namun saya berharap supaya ada dukungan dari pemerintah, sehingga bisa melancarkan aktivitas umat," harapnya.

 

Saya juga, lanjut Pater Yus,  berharap mohon menjaga keamanan dari pihak-pihak (terkait), supaya pekerjaan ini bisa berjalan lancar. Meski situasi keamanan belum kondusif tapi kami bekerja demi banyak orang.

 

Dewan Paroki, Yohanes Abugau memohon dukungan doa dan kedamaian daerah dari semua pihak karena daerah ini belum kondusif seutuhnya. 

 

"Kami sudah mulai bekerja jadi tolong jaga keamanan, kita harus jaga daerah ini supaya tetap aman dan damai," harapnya. 

 

Lanjut, kami (Tim Pastoral) bersama rombongan pemuda sudah turun di lokasi Tipusiga untuk perbaiki jembatan yang rusak, maka dimohon supaya semua menjaga keamanannya agar tetap aman.

 

Perwakilan Mudika, Titus Bagau menyampaikan apresiasi kepada pihak gereja yang sudah ambil ahli dalam pekerjan perbaikan jembatan dan jalan.

 

"Saya bangga meski situasi kurang baik tapi gereja sudah koordinir kami, terutama umat untuk kerja. Padahal ini jalan negara dan situasi tidak terlalu aman tapi kita bisa bekerja dan ambil bagian karena pekerjaan ini adalah pekerjaan Tuhan," katanya. 

 

Maka pihaknya juga berharap supaya awal hingga berakhirnya kegiatan gereja ini bisa sesuai rencana-Nya.

 

Sebagai informasi, rombongan Timpas dan pemuda akan bekerja selama seminggu dan bermalam di Tipusiga, Sugapa  mulai hari ini, Selasa 01 Juni 2021.


Admin/KM

Baca Juga, Artikel Terkait