Tim Patroli Meeuwodide Menolak Pemekaran Kab Baru Paniai Timur

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

25 Hari yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Admin Redaksi Kabar Mapegaa Online
usai diskus di asrama Deiyai Manokwari Papua Barat/KM

 

 

MANOKAWARI, KABARMAPEGAA.COM—Tim Patroli Meuwodide mengajak mahasiswa wilayah Meepagoo  Kabupaten Paniai Deiyai dan Dogiyai kota studi Manokwari bersepakat  menolak pemekaran kab Paniai Timur atau Wedauma yang dipimpin langsung oleh ketua Yunus Kadepa dan sekjen Marten Goo. Kamis, 18/18 di asrama Deiyai Manokwari Papua Barat.

 

Melalui tim patroli dalam diskusi pimpinan ketua Yunus Kadepa dan sekretaris Marten Goo dengan agenda  pokok menolakan pemekaran kabupaten Paniai Timur, penambangan perusahaan emas ilegal disepanjang kali Degeuwo dan perkembangan ekonomi kritis pada masyarakat lokal di paniai.  

 

ketua Tim Patroli Meeuwo Yunus Kadepa mengatakan wadah ini merupakan  sebuah organisasi independen kemahasiswaan yang berdiri untuk memantau situasi perkembangan khususnya tiga kabupaten Paniai Deiyai dan Dogiyai dari penambangan illegal pemekaran kabupatan dan krisis sumber daya manusia jelasnya.

 

Kami mengadvokasi masalah sesuai cita cita dan keinginan masyarakat lokal serta melindungi dan membela serta berasas hak-hak dasar masyarakat adat .

 

Kami mohon kepada bupati terpilih Bapa Meky Nawipa jangan perna menandatangani pemekaran baru di kab Paniai Timur dibawa organisasi HIPPMAP yang sedang berjuang itu. Tegasnya.

 

Pemekaran kabupaten bukan membawa perdamain namun mengacaukan situasi kehidupan kalangan masyarakat. Kata sekjen Marten Goo.

 

Pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di kab paniai pada 8 desember 2014 yang ditembak 4 siswa SMA oleh militer Indonesia sampai sekarang belum di tuntaskan jelasnya.

 

Coordinator wilayah Paniai bagian pendidikan dan keilmuan Selina K Keiya mengatakan Pemekaran kabupaten baru Paniai Timur pastinya ada sisi dampak  positif dan negatif. Namun lebih dominan dampak negatif kepada masyarakat yang membawa transmigrasi yang luas sehingga mengakibatkan Peluang kerja dan Wirahusaha yang sempit bagi masyarakat setempat.

 

Kabupatan yang ada  pembangunan belum oke dan banyak terjadi masalah sosial sehingga saya secara pribadi anak daerah asli menolak tegas  Pemekaran Kabupaten Paniai Timur tutupnya.

 

Pewarta: Anselmus Gobai/KM

Baca Juga, Artikel Terkait