Timika:Jalan Raya Masih jadi Sasaran Pembuangan Sampah

Cinque Terre
Yunus Eki Gobai

1 Tahun yang lalu
LINGKUNGAN

Tentang Penulis
Kontributor
Tumpukan sampah di Jalan raya Ahamad Yani, Timika, Rabu (4/11/2020)-KM/Yugo

 

TIMIKA,KABARMAPEGAA.com-Keterbatasan sarana angkutan dan penampungan sampah bukan menjadi alasan untuk tidak menjaga kebersihan lingkungan di Kota Timika. Warga tetap bisa melakukannya, minimal dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, apalagi di lokasi umum.

 

“Kami tahu, semua fasilitas pengelolaan sampah masih terbatas di  kota Timika. Namun, warga bisa mengatasi dengan membuang sampah pada tempatnya agar mudah diangkut oleh petugas kebersihan saban hari,"kata Martino, Rabu (4/11/2020)

 

Pernyataan Martino itu menanggapi kebiasaan membuang sampah sembarangan yang masih dipraktikkan sejumlah warga setempat. Mereka menggeletakkan bungkusan berisi sampah hingga berserakan di sejumlah lokasi di pinggiran jalan raya.

 

“Kenapa harus dibuang di pinggir jalan? Kan sudah tersedia TPS (tempat pembuangan sementara) Tindakan itu hanya merusak lingkungan yang sudah bersih, mengotori halaman rumah dan mengganggu kenyamanan orang lain,”ujar Martino.

 

Dia menyebut kebiasaan membuang sampah di pinggiran jalan raya itu sudah berlangsung lama. Pelaku melakukannya dengan melempar bungkusan sampah sambil berkendaraan bermotor. Di zaman modern ini, masih saja ada warga berperilaku seperti kehidupan di zaman batu purbakala.

 

Marsel, warga lainnya mengungkapkan pembuang sampah sembarangan beraksi saat kondisi sepi pada malam hari. Mereka menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

 

“Saya tidak bermaksud menuduh orang lain, tetapi ini sering terjadi di banyak tempat di Timika. Saat larut malam, ada kendaraan melintas pelan dan kemudian membuang sampah di jalan raya,” ungkap Marsel (*)

#Budaya

#Lingkungan dan Hutan

Baca Juga, Artikel Terkait