Tolak  Pendirian  SMP Yapis di Deiyai, KPMD dan Masyarakat  Akan Demo

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

7 Hari yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
selebaran aksi. Ist

 

DEIYAI, KABARMAPEGAA.com---Komunikasi Peduli Manusia dan Alam Deiyai (KPMD) bersama segenap masyarakat Deiyai akan demo penolakan pendirian SMP Yapis di Waghete, Deiyai, pada hari rabu, (12/06/2019) di Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai.  Hal ini dikatakan  Dominigus Badii selaku ketua Komunitas Peduli Manusia dan Alam Deiyai ketika ditemui media ini, selasa,  (12/06/2019) di Sekolah SMP YPPK St. Fransiskus Xaverius Waghete,  Jl. Waghete II, Deiyai-Papua

 

Domin Badii mengatakan aksi yang akan dilangsungkan ini untuk meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Deiyai dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai untuk tarik kembali surat rekomendasi perizinan pendirian SMP Yapis di Waghete, Deiyai.

 

"Kami akan mendesak Pemerintah Daerah Deiyai dan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Deiyai untuk segera tarik kembali rekomendasi perijinan pendirian SMP Yapis di Waghhete, karena di Deiyai ini sudah ada dua Yayasan Pendidikan yaitu YPPK dan YPPGI. Kedua Yayasan ini hadir bersama para misionaris Katolik dan Kigmi sejak sebelum hadirnya pemerintahan indonesia. Mengapa mereka seenaknya saja memberikan kewenangan penuh kepada Yapis untuk  harus mendirikan Yapis di Deiyai. Sementara dua Yayasan Pendidikan itu dibiarkan tanpa perhatian serius dari dinas pendidikan dan pengajaran deiyai. Ini yang membuat kami harus menolak pendirian SMP Yapis di Waghete-Deiyai," ujar Domin di tempat dan waktu yang sama.

 

Kemudian, lanjut Domin, kalau tingkat pengawasan, monitori, disiplin dinas, ketegasan dan lainnya terhadap kedua Yayasan Pendidikan yang sudah ada ini dijalankan lalu memberikan kewenangan kepada Yapis untuk mendirikan Yapis itu tidak apa-apa.

 

 “Tapi selama ini sama sekali tidak pernah dilakukan pengontrolan dari dinas terkait sehingga, sampai saat ini gedung-gedung sekolah semua tidak begitu bagus dan anak-anak (siswa) banyak yang terjerumus dalam berbagai pengaruh negatif, maka dengan ini kami akan meminta dinas P dan P deiyai harus diperhatikan dengan baik dulu kepada YPPK dan YPPGI kemudian sekolah-sekolah yang ada seperti SD Negeri, SD Inpres dan lainnya yang sudah ada," lanjut Badii

 

Untuk itu, Domin berharap seluruh masyarakat  Deiyai harus semua hadir dalam aksi demo yang akan dilaksanakan karena ini berbicara demi keselamatan Sumber Daya Manusia (SDM) Deiyai kedepan.

 

"Hal ini bukan berbicara untuk satu dua orang tapi berbicara demi keselamatan Sumber Daya Manusia (SDM) Deiyai kedepan, sebab dengan hadirnya SMP Yapis ini akan mengakibatkan banyak faktor, misalnya, didikan dan binaan dari YPPK dan YPPGI ini akan terbuai atau terbunuh dan bisa-bisa anak-anak kita akan terpengaruh dengan ajaran-ajaran agama mereka. Maka itu seluruh masyarakat deiyai harus hadir dalam aksi demo yang akan dilaksanakan nanti,” katanya.

 

 

Pewarta: Herman Kon. Mote

Editor: Manfred Kudiai

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

Baca Juga, Artikel Terkait