TPN-PB Paniai : 1 Juli Upacara Hari Proklamasi Papua Barat

Cinque Terre
Yunus Eki Gobai

1 Bulan yang lalu
MEEPAGO

Tentang Penulis
Contributor
Pimpinan TPN-PB/OPM Devisi II Makodam Pemka IV Paniai Jend. Inf Damianus Rimba Ribut Yogi bersama anggota TPN-PB/ OPM. Foto: Dok TPN-PB/ Dok

 

PANIAI,KABARMAPEGAA.com- Gairah Organisasi Papua Merdeka dan sayap militernya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, untuk berjuang sampai menjadi negara yang berdaulat mandiri, tak pernah padam.

Bahkan, Pimpinan TPN-PB/OPM Devisi II Makodam Pemka IV Paniai, Jendral Inf. Damianus  Rimba Ribut Yogi menyerukan seluruh anggota TPN-PB/OPM, dan rakyat Meepago- Papua untuk ikut merayakan Hari bunyi teks Proklamasi Kemerdekaan Papua besok Rabu (1/7/2020)

Perayaan itu untuk memperingati bunyi teks proklamasi kemerdekaan dan pendirian negara Papua Barat oleh Presiden Papua Barat Brigadir Jenderal Seth Jafet Rumkorem di Victoria pada 1 Juli 1971.

Ketika diterima keterangan tertulis kepada wartawan Kabar Mapegaa, dari Markas Pusat dari Totiyo, Paniai Papua, Minggu (28/6/2020), pimpinan TPN-PB/OPM Damianus Rimba Ribut Yogi menegaskan, akan menggelar upacara Hari bunyi teks proklamasi bangsa Papua Barat pada hari rabu besok di markas besarnya.

“Kami menyerukan, pertahanan TPN-PB/OPM di wilayah Meepago dan seluruh lapisan masyarakat, untuk menggelar upacara pembacaan bunyi teks proklamasi serta pengibaran bendera bintang kejora dengan penuh damai berdasarkan konstitusi 1971,” tegasnya kepada Kabarmapegaa.com

Sementara itu, Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPN-PB/OPM) Sebby Sambom mengatakan, pada tanggal 1 Juli yang diklaim sebagai pembacaan bunyi teks proklamasi, Organisasi Papua Merdeka (OPM), kelompoknya tetap akan mengibarkan bendera Bintang Kejora di markas-markas TPN-PB/OPM di seluruh tanah Papua.

“Upacara proklamasi dan pengibaran Bintang Kejora akan tetap berkibar di 28 Kodap markas TPNPB-OPM dan itu hari kami merayakannya,” kata sebby, Selasa (30/6/2020)

Dikatakan, peringatan Hut TPN-PB/ OPM tanggal 1 Juli biasanya dirayakan di masing-masing markas TPNPB-OPM dengan melakukan upacara pembacan bunyi teks proklamasi dan pengibaran bendera Bintang Kejora.

“Ini sudah kami lakukan dari dulu kini umur 49 tahun dan itu akan berjalan terus," katanya.

Sebby Sambom mengatakan, setiap tahun pada 1 Juli, selalu memperingati sebagai hari pembacaan bunyi teks proklamasi dan pendirian negara Papua Barat Brigadir Jenderal Zeth Jafet Rumkerom di victoria pada 1 Juli 1971 dan sebelumnya Pemerintah Belanda mengumumkan embrio negara pada 1 Desember 1961. Maka TPN-PB/ OPM berjuang untuk pengakuan ini," katanya. [*]

#Budaya

#TPNPB-OPM

Baca Juga, Artikel Terkait