Tuntutan JPU Tak Adil, Mahasiswa Papua Demo Bebaskan Tapol Rasisme dan  Ini Hasil Lima Pernyataan Sikap

Cinque Terre
Kabar Mapegaa

4 Bulan yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Solidaritas Mahasiswa Papua Gelar Demo Tuntutan Pembebasan 7 Tapol Rasisme di Kaltim.


JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com -- Mahasiswa Papua dan Cipayung cabang Jayapura yang tergabung di dalam Solidaritas Mahasiswa Papua (SMP) kembali menggelar demo selama satu jam di Auditorium Uncen, Jayapura, Sabtu (6/6/2020).


Demo itu dalam rangka segera bebaskan Tahanan Politik Rasisme di seluruh Indonsia, terlebih khusus tahanan di Kalimantan Timur.  Selain itu,  Demo itu terjadi karrna tuntutan Jaka Penuntut Umum (JPU)  Papua yang tidak adil dikenakan kepada Tujuh Tapol Rasisme di Kalimantan Timur. 


Tuntutan Penjara JPU kepada 7 Tapol Rasisme diantaranya,  Buctar Tabuni 17 Tahun,  Agus Kosay 15 Tahun, Steven Itlay 15 Tahun,  Alex Gobai 10 Tahun, Feri Kombo 10  Tahun,  Hengky Hilapok 5 Tahun dan Irwanus Uropmabin 5 Tahun.


Berikut Isi Pernyataan Sikap Solidaritas Mahasiswa Papua

                         
1. Presiden Republik Indonesia, segera membebaskan tanpa syarat tahanan Politik korban rasisme di seluruh Indonesia, terutama 7 tahanan politik korban rasisme yang sedang disidangkan di Kalimantan timur.


2. Gubernur, DPRP, MRP, segera meminta kepada para penegak hukum untuk membebaskan 7 tahan politik yang sedang didiskriminasi oleh para penegak hukum.


3. JPU, Yafet Bonai Dkk, segera meninjau kembali tuntutan yang sama skali tidak sesuai fakta-fakta persidang terhadap 7 TAPOL korban rasisme di Kalimantan timur, dan bertidaklah sebagai JPU yang bijaksana tanpa ada desakan oleh pihak mana pun.


4. Meminta kepada Hakim untuk tetap menegakan hukum dan keadilan sesuai UUD tahun 1945. pasal 24 ( 1 ) tentang kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyeleengarakan peradilan guna menegakan hukum dan keadilan. 


5. Apabila poin 1-4 diatas tidak dapat diindahkan sebelum amar putusan  dijatuhkan maka kami akan lakukan demonstrasi tolak rasisme jilid-III.


Demikian Peryataan sikap ini kami buat dengan sadar, dan untuk ditegahkan.


                                         
Jayapura, Sabtu 6 juni 2020

 

Redaksi

#Mahasiswa dan Pemuda

#Politik

Baca Juga, Artikel Terkait