Upaya Bebas dari KDRT,  LBH Papua Bikin Penyeluhan Keliling Kampung

Cinque Terre
Admin Kabar Mapegaa

2 Bulan yang lalu
HUKUM DAN HAM

Tentang Penulis
Foto bersama usai melaksanakn kegiatan. (Doc. LBH Papua. Ist)

 

JAYAPAURA, KABARMAPEGAA.com--Penyuluhan Hukum Keliling Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Sabtu, (5//10/2019) Lembga Bantuan Hukum (LBH Papua) bersama Paralegal LBH Papua kampung Sereh kembali melangsungkan Penyuluhan Hukum Keliling yang kedua kalinya.

 

Setelah sukses melaksanakan penyuluhun hukum pertama pada tanggal 29 September 2019 dengan thema “ Peran dan Fungsi OMBUDSMAN Republik Indonesia”.

 

Direktur LBH Papua mengatakan kali ini  materi  yang diangkat adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

 

“Materi tentang KDRT ini dibawakan langsung oleh Direktris Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Papua ( LP3A ) Siti Akmianti,” bebernya.

 

P3AP sendiri adalah Lembaga Advokasi tentang Hak-hak Perempuan dan Anak yang cukup lama bekerja di Papua dan sangat aktif.

 

Dalam penyampaian materi narasumber mengatakan bahwa dari hasil survei tahun 2015, data menunjukan angka kekerasan dalam rumah tangga banyak terjadi di kabupaten Jayapura.

 

“Dari penyuluhan hukum keliling ini dapat dilihat bahwa sebenarnya banyak perempuan dan anak yang mengalami kekerasan namun takut untuk melaporkan ke pihak berwajib,”pungkasnya.

 

Secara garis besar ada beberapa point penting bagi masyarakat: Point pertama adalah masyarakat memahami hak-hak untuk dilindungi dan bebas dari KDRT; Kedua, kedua yaitu masyarakat kampung Sereh mengenal Jenis-jenis KDRT;  Ketiga adalah masyarakat mengetahui angka dan jenis KDRT di Kabupaten Jayapura serta yang terahir adalah Masyarakat Kampung Sereh Memahami Mekanisme Pelaporan KDRT.

 

“Melalui penyuluhan hukum keliling yang dilaksanakan oleh LBH Papua dan Paralegal kampung sereh diharapkan masyarakat dapat memahami tentang hukum dan kekerasan dalam rumah tangga agar kedepannya angka kekerasan dalam rumah tangga tidak meningkat lagi,” paparnya.

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#LBH Papua

Baca Juga, Artikel Terkait