Upaya  Menanggulangi  Wabah  COVID -19,  Koalisi Perempuan Dukung Kebijakan  Pemprov Papua

Cinque Terre
Manfred Kudiai

4 Hari yang lalu
TANAH PAPUA

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Ilustrasi. Ist

 

JAYAPURA, KABARMAPEGAA.com—Koalisi Perempuan menyikapi  perkembangan  situasi  wabah  Corona  Virus  Desease  2019  (COVID-19) yang sedang melanda dunia termasuk Tanah Papua, serta memperhatikan perkembangan  situasi  di  Tingkat  Pengambil  Kebijakan.

 

Dalam pernytaan terulis, Koaliasi Perempuan Bergerak Menyelamatkan Manusia Papua menyatakan dukungan  penuh terhadap kebijakan Pemprov Papua.

 

“Dukung penuh kebijakan pemerintah Provinsi Papua , dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan wabah covid-19 di tanah Papua,” papar dalam pernyataan tertulis yang diterima kabarmapegaa.com, Rabu (25/3).

 

 Untuk itu, Koalisi  Perempuan Bergerak Selamatkan Manusia Papua juga menyatakan sikap:

 

Pertama, Mendukung penuh kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dalam upaya pencegahan,  penanganan  dan  penanggulangan  wabah  COVID  19  di  Tanah Papua   sebagaimana   tertuang   dalam   Kesepakatan   Bersama   Nomor:   440/ 3612/SET yang sudah ditandatangani oleh Forkompimda, Bupati/Walikota dan Stakeholder di Provinsi Papua tertanggal Selasa 24 Maret 2020 di Gedung Negara Dok V Kota Jayapura.

 

Kedua,  Mendesak   Pemerintah   Provinsi   Papua   Barat   untuk   segera   mengambil kebijakan yang sama untuk pencegahan, penanganan dan penanggulangan wabah COVID 19 di Provinsi Papua Barat. 

 

Ketiga, Menolak tegas pernyataan Menteri Dalam negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang kontra dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Papua sebagai mana dimuat di berbagai media di antaranya Kompas dan Suara Papua.

 

Keempat, Mendukung kerja para tenaga medis di seluruh Tanah Papua dan mendesak Pemerintah agar memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk mendukung   kerja-kerja   mereka,   dan   menjamin   terpenuhinya   kebutuhan  penting lain selama masa krisis ini berlangsung.

 

Kelima, Mendorong  Pemerintah  Pusat,  Provinsi  maupun  Kabupaten/Kota  di  Tanah Papua untuk menyediakan bantuan kebutuhan dasar berupa makanan dan peralatan kebersihan bagi kelompok yang terdampak berhentinya aktivitas ekonomi di seluruh Tanah Papua. Dan,

 

Keenam, Menghimbau  masyarakat  agar  patuh  pada  himbauan  Pemerintah  untuk berdiam di rumah sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, serta disiplin menjaga kebersihan dan jarak, demi memutus mata rantai penyebaran virus. Masyarakat juga diharapkan bahu membahu membantu sesama warga yang tidak  mampu  untuk  memenuhi  kebutuhan  hidup  selama  masa  krisis  dan berdoa untuk pemulihan Dunia dan Tanah Papua yang kita cintai ini. 

 

Pernyataan sikap dan dukungan Koaliasi Perempuan Bergerak Menyelamatkan Manusia Papua terhadap pernyataan pemda Papua serta enam  statemen diatas dinyatakan di Jayapura, 25 Maret 2020 olehh Koalisi Perempuan Bergerak Selamatkan Manusia Papua.

 

Kemudian, info ;ebih lanjut terkait pernyataan sikap diatas dapat menghubungi  nara hubung: 1) Rosa Moiwend (081246308901), 2) Pdt. Magda Kafiar (081248577802) dan 3) Nourish Griapon (082238587757).

 

Pewarta: Manfred Kudiai/KM

#Ekonomi, Sosial Budaya dan Pendidikan

#Papua Bisa

Baca Juga, Artikel Terkait