YAPKEMA kerjasama IPMANAPANDODE JOG-LO  Adakan Pelatihan Menulis

Cinque Terre
Manfred Kudiai

5 Bulan yang lalu
PENDIDIKAN

Tentang Penulis
Pemred Kabar Mapegaa (KM)
Sekitar 30an mahasiswa Papua  yang sedang mengayam pendidikan di Yogyakarta, dibekali ilmu Jurnalistik  'Pelatihan Menulis'  yang dibawakan oleh  Jurnalis dan Novelis Papua, Aprila . R.A. Wayar, SE.  Jumat (22/6/2018) bertempat di  aula asrama Dogiyai, Jl. Mangga, No.21, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

YOGYAKARTA, KABARMAPEGAA.com-- Sekitar 30an mahasiswa Papua  yang sedang mengayam pendidikan di Yogyakarta, dibekali ilmu Jurnalistik  'Pelatihan Menulis'  yang dibawakan oleh  Jurnalis dan Novelis Papua, Aprila . R.A. Wayar, SE.  Jumat (22/6/2018) bertempat di  aula asrama Dogiyai, Jl. Mangga, No.21, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai (IPMANAPANDODE) Yogyakarta-Solo bekerja sama Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA) guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM). 

 

"Generasi muda Papua dituntut untuk menulis. Karena  persoalan Papua itu sangat kompleks  sehingga biasakan untuk membaca dan beranikan diri untuk menulis," jelas  Aprila sela-sela penyampaian materi tentang menulis.

 

Dalam pemaparan materi, Novelis perempuan Papua pertama ini yang baru saja terbitkan novel ‘Sentu Papua’ ini menjelasakan pengetahuan  tentang menulis: Menulis sebagai ilmu komunikasi; pengelompokan ide; jenis tulisan; unsur-unsur dalam tulisan jurnalistik (5w1h) dan tulisan jurnalistik.

 

 “Persolan di Papua saat ini sangat beragam sehingga seperti ini perlu dikembangkan menjelaskan bahwa saat ini kita harus menulis supaya nama Papua, isu-isu papua, permasalahan papua direkam oleh media karena dengan kemajuan teknologi yang pesat ini ratusan ribuan bahkan jutaan orang dapat melihat kondisi real Papua melalui komunikasi kita dalam tulisan atau berita,” jelasnya.

 

Tempat yang sama, usai pelatihan diselenggarakan, wakil Ketua Ipmanapandode Joglo, Yanuarius Tatogo, yang akrab dipanggil Yan, mewakili anggotanya mengucapkan banyak terimakasih kepada pemateri Arprila Wayar dan YAPKEMA yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan serta kepada seluruh peserta yang terlibat dalam pelatihan ini.

 

“Menulis itu akan membuka wawasan kita, sehingga  dengan ini dapat menambah pengetahuan kita tentang menulis, dan tentunya akan bermanfaat dikemudian hari,” tuturnya Yan didepan peserta sambil menyampaikan kesan dan pesan.

 

Kata Yan, kegiatan ini akan kaimi kenang dan kami mengharapkan terseleggarakan kegiatan-kegiatan serupa ini dikemudian hari.

 

Sementara itu mewakili YAPKEMA, Herman Degei menjelasakan tentang sejarah singkat  berdirinya  Yapkema.

 

“Yayasan Sosial yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, kesehatan salah satu program utama yaitu, pendidikan. Ada pendidikan untuk PAUD, SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Yayasan ini diketuai oleh Yason Pigai,” katanya.

 

Untuk kedepan kata Herman, YAPKEMA sebua organisasi sosial berbentuk LSM di Kabupaten Paniai, Papua ini akan bangun komunikasi yang melibatkan komunitas-komunitas  yang ada.

 

“Bukan hanya Ipmanapandode Joglo tetapi  komunitas yang lain lagi, dan bukan sebatas Jogja, akan kami lakukan di beberapa kota studi, seperti Semarang dan sekitarnya. Kami mohon partisipasi dari teman-teman-teman, karena ini kesempatan untuk kita belajar,” kata Herman yang aktif  juga di BUP.

 

Harapannya apa yang telah  kita laksanakan melalui pelatihan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

 

(Manfred Kudiai)

#Mahasiswa dan Pemuda

Baca Juga, Artikel Terkait